Menstruasi Tidak Normal, Apa Yang Harus Dilakukan?

Artikel Medis
28 Oct 2021

Menstruasi Tidak Normal, Apa Yang Harus Dilakukan?

Wanita pada dasarnya akan mengalami menstruasi apalagi untuk wanita dewasa maupun remaja, setiap orang akan mempunyai siklusnya masing-masing. Banyak wanita yang ditemui memiliki siklus menstruasi yang tidak normal atau keluar dari siklus normal yang biasanya, hal tersebut dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari.

Siklus menstruasi itu adalah dihitung dari menstruasi pertama kepada menstruasi berikutnya di hari pertama jadi bukan hari terakhir dari menstruasi tersebut, panjang menstruasi yang terpendek adalah 24 hari dan terpanjang adalah 38 hari. Sebuah siklus menstruasi itu saling berpengaruh dan tidak bisa apabila ada yang tidak selaras jalannya.

Menstruasi erat kaitannya dengan alat kandungan seorang wanita, lalu hal yang menyebab seorang wanita mempunyai siklus menstruasi tidak normal apabila ada sesuatu di alat kandungan seperti di rahim atau di indung telurnya, maka hal itu dapat berakibat gangguan pada siklus haidnya. Selain itu menurut dr. Indrawati Dardiri, Sp.OG dari Rumah Sakit Premier Jatinegara mengungkapkan bahwa menstruasi juga dipengaruhi oleh hormon yang diperintahkan oleh otak, jadi otak memberi perintah kepada indung telur untuk mengeluarkan hormon yang akan mempengaruhi rahim sehingga akan terjadi menstruasi.

Tidak normalnya menstruasi wanita dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti saat ini yang paling banyak berpengaruh terganggunya indung telur, lalu ada namanya PCOS (Polycystic Ovarium) erat kaitannya dengan gaya hidup PCOS ini sering ditemukan pada orang dengan obesitas sehingga bisa tidak menstruasi selama satu tahun. Selain dari indung telur seperti tadi bahwa penyebab menstruasi tidak normal bisa juga dari rahim seperti infeksi, pada pasien-pasien dengan TB atau tuberkulosis di rahim, menstruasi bisa tidak datang karena adanya kerusakan di lapisan dalam rahimnya, penyebab lain seorang wanita tidak normalnya siklus menstruasi yaitu bisa dari kelainan bawaan lahir.

“Menstruasi erat kaitannya dengan fungsi reproduksi dan kesuburan dari seorang wanita, apabila ada wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak normal kita harus perhatikan dimana atau kapan di tidak mengalami menstruasi” ujar dr. Indrawati Dardiri, SP.OG. Nomor satu yang harus diperhatikan adalah usianya, apabila usianya masih relatif muda atau baru mulai menstruasi biasanya memang belum teratur karena koordinasi ke otaknya belum baik, lalu apabila seorang wanita tidak pernah menstruasi di umur 20 tahun tentu harus datang ke dokter kandungan untuk diperiksa.

Bagi wanita yang sudah berumur lalu memiliki siklus menstruasi yang tidak normal juga perlu diperiksa alat kandungannya untuk melihat ada atau tidaknya gangguan pada rahim, selain itu juga perlu diingatkan tentang alat kontrasepsi atau kontrasepsi hormonal masih dipakai atau tidak, kadang bagi wanita berumur seperti diatas 45 tahun masih takut untuk melepas alat kontrasepsi tersebut. Wanita yang sudah memiliki umur 45 tahun keatas perlu diberikan edukasi bahwa mereka sudah menjelas pra-menopause yang merupakan cadangan telurnya sudah jauh menurun sehingga siklus menstruasi menjadi tidak teratur.