Ambeien (Hemorbid)

Artikel
29 Jun 2022

Ambeien, atau wasir, atau hemorhoid (istilah medis) adalah sekumpulan pembuluh darah vena (plexus atau sinusoid) yang terletak di daerah anus (seluruh lingkaran anus) jelas dr. Jeremy Sebastian, Sp.B spesialis bedah RS Premier Bintaro

source: https://www.manhattangastroenterology.com/hemorrhoids/

apa fungsi Hemorhoid(ambeien)?

Salah satunya yang cukup penting itu secara tidak sadar memastikan anus menutup total saat kita sedang aktifitas

Kenapa Bisa Bengkak?

Ternyata bengkak itu juga merupakan salah satu peran hemorhoid saat proses defekasi (atau buang air  besar). Tapi ada hal lain yang bikin ambeien bengkak dan sulit  kempes langsung, misalnya  mengedan terus menerus karena feses yang keras, radang di daerah anus karena makanan pedas atau sedang diare, kurang makan serat atau kurang minum, dan hal-lainnya

Apa yang DIlakukan jika Ambien Sulit Kempes?

Segera diobati, tergantung seberapa parah bengkak dan gejala yang timbul ya. Tapi kembali lagi ke fungsi hemoroid tadi, karena ada fungsinya, sebisa mungkin tidak dibuang. Untuk derajat awal bisa diobati dengan obat-obat hemorhoid yang tepat guna. Ada banyak lho obat hemorhoid sekarang ini, tinggal konsultasikan ke dokter mana yang tepat.

 

Kalau dengan Obat Tidak Kempes, Apakah Harus Operasi?

dr. Jeremy Sebastian, Sp.B menegaskan Jangan kuatir dulu, tidak  semua operasi hemorhoid  menakutkan. Ada dua teknik operasi yang cukup  umum, dengan tujuan untuk menjaga fungsi hemorhoid  tadi. teknik pertama operasi dengan stapler dan yang kedua dengan teknik HAL-RAR (ligasi arteri hemorhoid).

 

Apa Perbedaan HAL-RAR dengan Stapler?

Dalam buku Oxford Handbook of Operative Surgery dijelaskan prinsip 2 operasi ini  sebetulnya sama, yaitu mengurangi suplai aliran darah ke hemorhoid dan  mengembalikan hemorhoid ke posisi semula (dari yang tadinya kendor  menurun).

Bedanya, pada HAL-RAR tidak dilakukan pemotongan hemorhoid (disebut  nonexcisional) dan minimal invasif, sehingga risiko perdarahan pasca operasi jadi  lebih minimal, nyeri lebih minimal dan masa rawat juga lebih sedikit.

 

Apa yang dilakukan di HAL-RAR?

Prinsipnya adalah mengurangi  aliran darah ke hemorhoid dan  mengembalikan posisi  hemorhoid ke posisi semula. Dengan bantuan USG doppler (untuk mencari posisi pembuluh  darah hemorhoid yang paling  dangkal) dan kemudian menutup  pembuluh darah tersebut  dengan jahitan.

 

Prinsip utama hemorhoid itu punya fungsi penting, jadi diobati dulu  selagi masih ringan dan  hindari hal-hal yang jadi faktor risiko hemorhoid bengkak. Kalau ternyata tidak berkurang juga keluhannya setelah berobat, coba konsultasikan dulu dengan dokter bedah untuk diskusikan pilihan terapi yang terbaik untuk Anda.


untuk informasi & buat janji temu Dokter silakan menghubungi:

  • Customer Care: 021 2762 5500 ext. 1000/1500
  • Call Centre: 1 500 908
  • WhatsApp Appointment: +62 817 777 742